RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN
.................
Tema : Berbagai
Pekerjaan
Subtema : Jenis-Jenis
Pekerjaan
Kelas
/ Semester : IV (empat)/ 1 (satu)
Pembelajaran : 1 (satu)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,
teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan
di kehidupan sehari-hari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi tersebut
IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi,
dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan
interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
BAHASA
INDONESIA
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas
keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan
tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
C. INDIKATOR
IPA
1.1.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1.1
Sikap
rasa ingin tahu
2.1.2
Sikap
teliti dan cermat
2.1.3
Sikap
bertanggung jawab
3.7.1 Menyebutkan sumber daya alam di suatu daerah dan
menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada
4.7.1
Mempresentasikan hasil pengamatan tentang manfaat teknologi yang digunakan oleh
masyarakat sekitar tempat tinggal
IPS
1.2.1 Taat beragama
1.3.1 Sikap bersyukur
2.3.1 Berperilaku santun dan peduli
3.5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
daerah tepat tinggal
4.5.1 Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi
geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta
BAHASA INDONESIA
1.2.1 Mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4.1 Sikap peduli lingkungan
3.4.1 Menemukan informasi tentang teh dan proses pembuatannya melalui
kegiatan membaca
4.4.1 Menyajikan cerita singkat tentang proses pembuatan teh
setelah kegiatan membaca
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mengamati gambar siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya alam di suatu
daerah dengan jenis pekerjaan yang ada secara tepat.
2.
Dengan
melakukan kegiatan pengamatan siswa dapat mempresentasikan manfaat teknologi
yang digunakan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal dengan tepat.
3.
Dengan
mengkaji bacaan tentang hubungan sumber daya alam dan pekerjaannya, siswa mampu
menjelaskan hubungan sumber daya alam dan pekerjaan yang ada di daerah tersebut
dengan teliti
4.
Dengan
membaca peta siswa dapat menjelaskan hubungan kondisi geografis dengan
jenis-jenis pekerjaan yang ada secara cermat.
5.
Dengan
membaca teks pembuatan teh, siswa dapat menemukan informasi tentang jenis pekerjaan
di perkebunan teh dan cara pembuatan teh dengan benar.
6.
Dengan
melakukan kegiatan membaca siswa dapat menceritakan kembali proses pembuatan
teh secara runtut.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Sumber Daya
Alam
2. Jenis-jenis
pekerjaan
3. Teknologi
tradisional dan modern
4. Peta kondisi
geografis
5. Proses
pembuatan teh
E. MODEL,
PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
Model : TPS (Think, Pair, dan Share)
Pendekatan : Saintifik (Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasi, menginformasikan)
Metode : Diskusi, tanya jawab, dan pengamatan
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
NO.
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
1.
|
Pendahuluan
|
Pra Kegiatan
1. Guru memberikan salam
2. Guru membimbing siswa berdoa
3. Guru melakukan presensi
4. Guru menciptakan kondisi kelas agar nyaman dan kondusif
5. Guru menyiapkan media pembelajaran
Kegiatan Awal
1. Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang jenis pekerjaan “Apa
saja pekerjaan masyarakat di daerah tempat kalian tinggal ?”
2. Motivasi
- Guru
mengajak siswa bernyanyi bersama
Petani, nelayan,, pengrajin, pedagang,,
peternak atau penggembala
Itu jenis-jenis pekerjaan
- Guru
mengajukan tanya jawab kepada siswa terkait dengan isi lagu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa.
|
15 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
A.
Think
1.
Siswa
diminta melihat gambar mengenai bentang alam Indonesia. (Mengamati)
2.
Guru menstimulus ide, gagasan, dan
motivasi siswa dengan memberikan umpan pertanyaan kepada siswa “apa saja
jenis sumber daya alam di darat dan di laut ?” “Coba sebutkan sumber daya
alam yang kalian ketahui” (Menanya)
3.
Siswa
membaca teks tentang sumber daya alam. (Mengumpulkan informasi)
4.
Siswa
diminta mengamati tiga gambar yang berisi jenis profesi dari tempat yang berbeda. (Mengamati)
5.
Siswa
menuliskan keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut di bagian bawah
gambar. (Mengasosiasi)
6.
Guru
mengingatkan siswa untuk memperhatikan kondisi wilayah tempat tinggal mereka,
apakah terletak di daerah dataran tinggi, dataran rendah, atau di daerah
perairan.
7.
Siswa
ditugaskan untuk menuliskan jenis pekerjaan yang ada di lingkungan rumah
serta bentuk teknologi yang digunakan. (Mengumpulkan informasi)
8.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya. (Menanya)
9.
Siswa
membaca teks bacaan “Proses pembuatan teh” (Mengumpulkan informasi)
10.
Siswa
menuliskan proses Ulil Si Daun Teh sampai menjadi teh tubruk yang dapat dinikmati
oleh semua orang dalam kolom yang tersedia di buku. (Mengasosiasi)
B.
Pair
11.
Guru
membentuk siswa menjadi kelompok berpasangan
12.
Siswa
membaca teks bacaan, kemudian mendiskusikan hubungan antara pekerjaan dan
tempat bekerja secara berpasangan. (Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi
13.
Siswa
membaca peta pulau dalam buku siswa kemudian memprediksi jenis pekerjaan
berdasarkan kondisi geografis. (Mengasosiasi)
14.
Siswa
menuliskan hasil pengamatan peta pada tabel di buku dan membuat kesimpulan
tentang isi tabel (Mengasosiasi)
C.
Share
15.
Siswa
menyampaikan kembali proses pembuatan teh secara runtut, teman yang lain
menilai. (Menginformasikan)
16.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas (Menginformasikan)
|
170
Menit
|
|
3.
|
Penutup
|
1. Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan soal evaluasi untuk melihat pemahaman siswa
terhadap materi yang diajarkan.
3. Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran tentang materi
yang sudah dibahas.
4. Guru memberikan tindak lanjut berupa remidial atau pengayaan.
5. Guru memberikan tugas rumah (PR).
6. Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa berdoa bersama.
|
25 Menit
|
G. MEDIA DAN
SUMBER BELAJAR
Media
Gambar dan peta
Sumber Belajar
1.
Afriki,
dkk. 2014. Buku Siswa SD/MI Kelas IV: Tema 4 Berbagai Pekerjaan.
Jakarta: Kemendikbud
2.
Sulistyanto,
Heri dan Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV.
Pusat Perbukuan Depdiknas
H. PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan format
pengamatan yang dilakukan sejak kegiatan awal hingga akhir pembelajaran.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan rubrik penilaian
2.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan/kognitif
Tes tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan
Praktik
3.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
(Terlampir)
b.
Penilaian
Hasil Belajar
(Terlampir)
Lampiran
1
Bahan
Ajar
|
Sumber
Daya Alam
Berdasarkan manfaatnya, sumber
daya alam terbagi menjadi:
a. Sumber daya alam penghasil
energi seperti matahari, gelombang laut, gas bumi, dan angin.
b. Sumber daya alam penghasil
bahan baku seperti hutan, laut, dan tanah.
c. Sumber daya alam untuk
kenyamanan seperti udara bersih dan pemandangan alam.
Sedangkan menurut ketersediaanya
di alam dapat dikelompokkan menjadi:
a. Sumber daya alam yang
kekal seperti sinar matahari, ombak, angin, air terjun, dan arus laut
merupakan sumber daya alam yang selalu tersedia dan tidak akan habis
meskipun setiap saat dimanfaatkan.
b. Sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, batu bara, logam
(aluminium, bijih besi, dan sebagainya) dan gas bumi merupakan sumber daya
alam dengan persediaan yang terbatas dan tidak dapat dibuat atau dibentuk
lagi setelah habis.
c. Sumber daya alam yang
dapat diperbaharui seperti berbagai jenis tumbuhan dan hewan merupakan
sumber daya alam yang dapat dibentuk lagi jika rusak atau habis.
Jika dilihat menurut jenisnya,
kita akan mendapati dua macam sumber daya alam yaitu:
a. Sumber daya alam nonhayati,
meliputi segala sesuatu yang bukan makhluk hidup, seperti udara, batu
bara, logam, dan lain-lain.
b. Sumber daya alam hayati,
meliputi berbagai makhluk hidup, seperti berbagai mikroorganisme,
tumbuhan, dan hewan.
|
|
Sedangkan Zaid, setelah pulang sekolah
membantu paman Ali mengeringkan air laut untuk dijadikan garam. Air laut
yang sudah mengkristal menjadi garam akan dikirim ke pabrik rumahan untuk
dikemas dan didistribusikan ke berbagai daerah.
Sementara
itu, Sarah yang rumahnya dekat di kaki gunung Merbabu setiap hari sepulang
sekolah mengantarkan bekal makan siang untuk abah yang bekerja di sawah
dan emak yang bekerja di ladang. Affan, Zaid, dan Sarah senang membantu
orangtua.
|
Lampiran 2
Media
Ajar
Lampiran
3
Lembar
Kerja Siswa
Nama :
Kelas :
Presensi :
1. Isilah tabel dibawah ini sesuai dengan kondisi
tempat tinggalmu !
|
Letak Tempat Tinggal
|
Jenis-Jenis Pekerjaan
|
Teknologi yang Digunakan
|
Manfaat Teknologi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Lampiran 4
Lembar Kerja Kelompok
|
Nama Anggota Kelompok :
1. ..................
2. ..................
|
Lampiran 5
Kisi-Kisi
Soal
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Ranah
|
||
|
K
|
A
|
P
|
||||
|
IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,
teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan
di kehidupan sehari-hari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi tersebut
|
3.7.1 Menyebutkan sumber daya alam di suatu daerah dan
menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada
4.7.1
Mempresentasikan hasil pengamatan tentang manfaat teknologi yang digunakan
oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
2, 5
4
1, 5
|
C1
C2
C1
|
|
|
|
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
3.5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
daerah tepat tinggal
4.5.1 Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi
geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
1
3
3
4
|
C4
C1
C1
C2
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.4.1 Menemukan informasi tentang teh dan proses pembuatannya melalui
kegiatan membaca
4.4.1 Menyajikan cerita singkat tentang proses pembuatan teh
setelah kegiatan membaca
|
Uraian
|
2
|
C1
|
|
|
Lampiran 6
Soal
Evaluasi
A.
Pilihan Ganda
Berilah
tanda silang (x) pada jawaban yang menurutmu benar !
1.
Dari
jenis-jenis pekerjaan dibawah ini, manakah yang termasuk jenis pekerjaan di
daerah pesisir pantai ?
1)
Nelayan 4) Petani garam
2)
Petani 5) Penambang
3)
Penambak
ikan
a.
1,
2, dan 3 c. 2, 3,
dan 4
b.
1,
3, dan 4 d. 2, 3,
dan 5
2. Berikut ini adalah bahan alam yang tidak hidup, kecuali ....
a. kayu c. logam
b. tanah d.
batu bara
3. Daerah yang diarsir dengan warna kuning di peta menunjukkan ....
a. dataran
tinggi c. dataran tinggi
sedang
b.
dataran rendah d.
daerah lautan
4. Benda yang terbuat dari sumber daya
alam yang hidup adalah ....
a. lemari kayu c.
perhiasan emas
b.
tas kulit imitasi d.
bahan bakar
5. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah ....
a. air c.
minyak kelapa
b. kayu d. minyak
bumi
B.
Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat !
1. Jelaskanlah hubungan sumber daya alam dan teknologi !
2. Sebutkanlah langkah-langkah pengolahan teh hingga
tahap pengemasan !
3. Sebutkanlah pembagian daerah pada peta berdasarkan
warnanya !
4. Berikanlah contoh jenis pekerjaan yang sesuai untuk
dataran tinggi, dataran tinggi sedang, dan daerah pesisir pantai !
(masing-masing minimal 3)
5. Sebutkanlah
hasil sumber daya alam yang berasal dari laut ! (minimal 3)
MOHON SERTAKAN KUNCI JAWABAN
BalasHapus